img_1242-2
Beberapa bulan lalu saya di hubungi adik, dia bertanya tentang Pajak Pembelian Rumah, Siapa yang semestinya harus membayar, apakah developer atau si Pembeli Rumah.
Saya katakan, “ Tergantung saat negosiasi , biasanya si Pembeli yg membayar Pajak beli dan developer membayar Pajak Penjualannya , dan harus dibayarkan sebelum Akta Jual Beli ditanda tangani di depan Notaris”.

Setelah itu saya tanya ke adik, “Sopo sing meh tuku omah?” (siapa yang mau beli rumah?), dia katakan “ Aku , sesuk aku meh nyang Notaris ( Saya , besuk saya mau ke notaris)”.

Saya penasaran, duit dari mana dia bisa beli rumah. Kemudian saya Tanya lagi, “ Kowe tuku omah ning ngendi, trus kredit ning endi? ”( Kamu beli dimana, terus ambil kredit dibank mana?” )  “Ora , aku tuku kes, omahe cilik kok, ning Gentan” ( Tidak,  saya beli Tunai kok, rumahnya kecil di Gentan ).

Rupanya kaget saya bertambah karena jawabannya, karena saya tau persis penghasilan dari usaha yg dijalankannya.  Darimana dia bisa membeli Rumah ( ratusan juta) dengan membayar tunai.

Setelah merenung sejenak,  saya diingatkan oleh beberapa hal tentang adik saya, dia  memang orangnya sangat Gemi dan Setiti ( Hemat dan Perhitungan) terutama kalau menyangkut masalah uang.
Dia suka menabung dan menggunakan uang hal-hal yang sangat dibutuhkan saja. ( bukan tipe konsumtif ), walaupun mungkin yg disimpan nilainya tidak begitu besar.

Dalam buku yang pernah saya baca, seorang Pakar Keuangan mengatakan demikian “Bukan berapa banyak yang kamu hasilkan, tetapi seberapa besar yang bisa kamu simpan”.

Sebarapapun penghasilan yang kita dapatkan saat ini, gunakan untuk hal yg di butuhkan saja ( bukan yg dinginkan dan sisihkan untuk disimpan.

Sedikit-sedikit  lama-lama bisa menjadi Bukit…… ini bukan sekedar peribahasa waktu kita masih SD…….. iki beneran cak.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s