Siapa arsitek ( pelatih ) dibalik kesuksesan Zambia memboyong Piala Africa 2012 kemarin? The Chosen One adalah julukan bagi Herve Renard Pelatih yang berhasil mengantarkan Zambia sebagai juara Piala Africa untuk kali pertamanya.

Nama Herve Renard sebagai pelatih memang tidak pernah terdengar, sebab sebelumnya dia hanya asisten pelatih dari Le Roy ( Perancis ) ketika melatih timnas China maupun Ghana sampai 2008. Tahun 2010, Herve Renard mulai kiprahnya sebagai pelatih di Angola kemudian pindah di sebuah club USM Alger di Aljazair, baru kemudian ditawari menjadi pelatih Zambia.

Apakah Resep dibalik kesuksesannya bersama Zambia?, Metode Pendekatan kepada Pemain yang tidak lazim seperti kebanyakan pelatih lain, ini yang banyak pihak mengamati dan meyakini sebagai Resepnya..

Simak saja pada saat Zambia bertemu Pantai Gading di Final, tepat sebelum berakhirnya babak tambahan waktu. Dalam sebuah insiden, bek Zambia, Davis Nkausu, melakukan kesalahan yg nyaris membuat penyerang Pantai Gading ( Gervinho ) mencetak Goal. Renard marah dan mendorong dada Nkausu, mendapat perlakuan tersebut Nkausu tdk marah, hanya mengaguk angguk dan menepuk bahu pelatihnya sebelum kembali kelapangan untuk bertanding kembali.

Dia juga sosok Pemimpin yang Sangat Disiplin, berani mengusir Cliford Mulenga dari skuad Zambia di Piala Africa 2012 ini, gara-gara ketahuan pulang telat ke base camp saat penyisihan group.

Hal lain yang menonjol tentang Hubungan Emosialnya dengan pemain, ketika dia Menggendong Josep Musonda yang cedera , dari bench ke tengan lapangan agar bisa ikut berbaur bersama rekan pemain lainnya merayakan kemenangan di Final Piala Africa

Apa yang dilakukan Renard bisa menjadi Inspirasi seorang Pemimpin, apakah itu Pemimpin di Rumah Tangga, Masyarakat atau di Pekerjaan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s