6c891bc8-fd0e-4636-8988-3e7ed71ad15b
Beberapa waktu lalu seorang saudara bertanya bagaimana cara mengendalikan Emosi (Amarah).  

Lalu saya teringat cerita seperti dibawah ini, semoga cerita ini dapat meng inspirasi nya.

Suatu hari seorang istri dari pasangan muda yang baru menikah, harus ditinggal suaminya untuk bertugas ke ibu kota.  Seperti biasanya, sang suami butuh berhari-hari menyelesaikan segala urusan pekerjaannya.

Seperti biasanya, sang suami berpesan kepada istrinya, “Simpan kunci rumah cadangan di bawah Pot bunga ya yang, kalau aku pulang malam tidak perlu membangunkanmu”.

Tidak seperti biasanya, ternyata pekerjaan di kota bisa diselesaikan dengan cepat sehingga, malam itu juga sang suami bisa segera pulang walau larut malam.  ‘Aku mau buat surprise buat istriku, lebih baik aku tidak menghubunginya dahulu’.

Setelah hampir tengah malam, tibalah sang suami ke rumahnya, mengambil kunci dan membuka pintu rumahnya. Suasana rumah sepi, ruangan keluarga tampak gelap, sang suami bergegas masuk ke kamar tidurnya. 

Dia terkejut melihat istrinya tidur berdua dengan seseorang di balik selimut di kamar yang tampak gelap tersebut.

Emosi sang suami memuncak, diambilnya pedang yang digantung didinding kamarnya dan mulai mendekati tempat tidurnya. Tiba-tiba ia teringat, apa yang diajarkan gurunya, ‘Bila kamu sedang emosi jangan bereaksi apapun kepada orang tersebut, mundurlah 3 langkah dan tarik napasmu dalam-dalam supaya menjadi tenang’.

Ketika sang suami mundur melangkah, tiba-tiba dia menyenggol gelas dan jatuh ke lantai. Sang istri terbangun  mendengar itu, “Oh kamu sudah pulang mas, maaf aku tidak mendengar, aku bawa ibu tidur bersamaku, saya pikir kamu tidak pulang malam ini”.

Bisa dibayangkan bagaimana jadinya,  bila sang suami langsung menghunuskan pedangnya ke orang yang tidur disisi istrinya tersebut.

Segala sesuatu yang dilakukan tidak akan menghasilkan hal yang baik bila dilandasi Amarah (Emosi).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s