img_1231
Joseph Brotherton, pendeta & politikus Inggris, di nisannya tertulis kata-kata yang indah sebagai berikut; “Kekayaanku bukan karena banyaknya harta bendaku, melainkan karena sedikitnya keinginanku”

Biarpun kayanya seperti seorang konglomerat, tetapi kalau terus merasa tidak cukup, ia sebenarnya miskin dan ini yang disebut tamak

Uang itu penting, tetapi bukan segala-galanya, kalau kita bisa menguasainya maka uang bisa menjadi pelayan yang baik, tetapi uang adalah tuan yang jahat, kalau kita dikuasainya, dijadikan budaknya, ini yang membuat orang tamak.

Uang dicari orang, pagi, siang, sore, malam, memang tidak salah, tetapi jangan melulu mencari uang, carilah kebahagiaan, carilah hidup yang bermakna, carilah hidup yang berguna. 

Jangan jadikan uang sebagai tujuan akhir, apalagi menjadikannya sebagai “tuhan” yang kita puja.

Jangan terjebak ajaran yang mengatakan kita harus mengimani untuk menjadi kaya, ingat : carilah dahulu Kerajaan Allah dan Kebenaran-Nya, maka semuanya akan ditambahkan kepadamu.

Kekayaan hanyalah bonus, jangan jadikan kekayaan sebagai ukuran iman, ukuran berkat Allah.

Tidak salah mempunyai keinginan menjadi Kaya, tetapi menjadi salah bila sampai jatuh ke dalam pencobaan, artinya kalau ada orang karena begitu ingin kaya, lalu melupakan kesehatan, keluarga, ibadah, menghalalkan segala cara, mengabaikan norma moral dan etika, ini yang salah.

Seorang Guru pernah mengatakan “Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, kedalam jerat dan kedalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia kedalam keruntuhan dan kebinasaan”

 
Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s