Saat kita menyaksikan di layar TV, seorang yang sedang ‘Diving’ atau Menyelam, seolah kita melihat seorang sedang menyelam sendirian di kedalaman laut. Tetapi yang tidak kita lihat adalah bahwa ada orang lain yang turut menyelam bersamanya, yaitu orang yang membuat film proses penyelaman itu. Bahkan mungkin saja ada crew lain juga. Penyelam itu tidak sama sekali sendiri.

Mengapa kita kerap tidak menyadarinya? Karena kita tidak pernah bisa melihat sosok lain di layar TV.

Sebenarnya dalam dunia selam menyelam berlaku aturan, yaitu bahwa seorang penyelam tidak boleh menyelam sendirian. Ia harus ditemani orang lain yang disebut ‘ Buddy’, atau teman. Fungsi dari Buddy ini adalah agar mereka bisa saling melindungi.

Hal yang sama bisa berlaku dalam kehidupan kita, kita tidak boleh menjauh dari kebersamaan. Mereka harus saling mengingatkan, menguatkan dan meneguhkan. Jika mereka menjauh dari kebersamaan dan memutuskan untuk jalan sendiri sendiri, dengan mudah mereka akan Goncang dan goyah.

Dalam kehidupan beragamapun, kita sering mendengar Nasehat dan perintah. Pertama ‘bangunlah dirimu sendiri’ , yaitu agar kita memiliki dasar iman yg Kuat dan teguh. Kedua adalah supaya kita ‘mengingatkan saudara saudara yang imannya goyah’ dan ‘bertindak menolong mereka untuk dipulihkan kembali’.

Kita harus menjadi ‘brother’s Keeper’ atau saudara yang bisa saling menjaga.img_1223

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s