img_1221
Robert Emmons, seorang psikolog melakukan riset yang berbeda dengan penelitian ilmu psikologi lainnya. Biasanya riset seorang psikolog berfokus pada penyakit dan masalah mental, tapi Emmons justru berfokus pada sikap-sikap yang menyehatkan dan bagian dalam hidup yang memberikan dampak positif bagi kesehatan. Salah satu sikap itu adalah Bersyukur.

Riset itu antara lain memantau mereka yang punya kebiasaan menuliskan hal-hal yang mereka syukuri. Dari riset tersebut didapati bahwa orang yang biasa bersyukur punya kekebalan tubuh Lebih baik. Bahkan org yang pernah terkena serangan jantung, ketika diarahkan untuk bisa lebih bersyukur (karena masih mendapatkan kesempatan hidup lebih lama) didapati juga cenderung lebih kecil kemungkinan mengalami serangan jantung lagi.

Satu kekeliruan yang sering dilakukan orang dalam memahami arti bersyukur adalah, menganggap bersyukur itu baru bisa dilakukan setelah mendapatkan/ menerima berkat. Padahal banyak orang segera lupa akan berkat yang sudah diterima, karena ia cenderung akan fokus ke hal-hal yang belum ia punya lainnya.

Dalam kisah Paulus dan Silas ditangkap, didera dan dipasung di penjara ekstra ketat, masih bisa menyanyi dan bersyukur. Apa yang bisa mereka syukuri dari hal seperti ini ? Adakah yg bisa disebut ‘berkat’ dalam situasi spt ini? Situasi seperti itu cocok disebut musibah. Tapi mereka memuji Allah dengan nyaring meski keduanya tentu masih lemah akibat deraan.

Apa yang mereka lakukan didengar Allah, Allah tetap membebaskan mereka jika mereka diam sekalipun. Tetapi tindakan mereka adalah merupakan kesaksian yang membuat kepala penjara tahu jika itu adalah pekerjaan Allah.

Bersyukur tidak pernah membuat kita rugi, justru mengundang berkat dalam hidup kita. Mari memulai hari bahkan memulai segala hal dengan Bersyukur.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s