img_1203
Apa yang baru dari tahun baru? Bukankah kehidupan yang kita jalani tetap sama? Waktu tetap berjalan selama 24 jam sehari, bumi tetap berputar pada porosnya.
Matahari tetap terbit dari ufuk timur dan akan tenggelam di ujung barat. Pagi tetap akan segera berganti siang, lalu menuju sore dan akhirnya malam tiba.

Semuanya terlihat sama. Jika demikian, apa yang baru dari tahun baru? Memang jika dilihat dari ukuran waktu, semuanya terlihat sama seperti hari- hari yang biasa kita jalani. Satu- satunya yang membedakan adalah pemaknaannya, seperti sebuah kalimat bijak yang pernah saya dengar, ‘Yang baru dari tahun baru adalah pemaknaan dan pembatasan manusia pada ruang, waktu dan peristiwa’.

Jika yang baru dari tahun baru adalah pemaknaannya, maka sungguh patut disayangkan jika kita sampai tidak atau lupa memberi makna apa-apa di tahun baru ini. Kita menganggapnya seperti hari-hari yang biasa.

Tidak ada resolusi. Tidak ada komitmen yang baru. Tidak ada tekad dan semangat yang baru. Tidak ada perencanaan. Membiarkan hari baru di tahun baru begitu saja tanpa pemaknaan apa-apa sungguh patut disayangkan.
Memang harinya boleh sama, tapi momennya yang berbeda. Hari bisa datang kembali, tapi momen tidak datang setiap hari. Karena itu, bukannya bermaksud menjadikan tahun baru sebagai sesuatu yang sakral atau semacam itu. Namun intinya adalah jangan menyia-nyiakan momen karena itu bisa menjadi sebuah momentum di dalam hidup kita.

Tahun baru adalah sebuah momen penting bagi kita utuk melakukan resolusi, menetapkan langkah dan tekad yang pasti. Ditengah hingar bingarnya pergantian tahun, ambillah waktu barang sejenak untuk berdoa minta penyertaan dan petunjuk Tuhan. Juga sediakan waktu untuk membuat perencanaan tentang hal-hal apa yang hendak kita perbaharui di tahun yang baru.
Setelah menetapkan rencana, tetapkan pula tekad dan komitmen untuk mewujudkannya. Pastikan hari baru ditahun baru menjadi langkah pijak yg baru bagi kita. Jaga asa tetap menyala sampai impian menjadi nyata.

Walau Tahun baru Masehi (2015) dan tahun baru Imlek baru saja berlalu, tapi tidak ada kata terlambat, mari maknailah hidup Anda,  harapan menuju hidup yang jauh lebih baik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s