img_1205
India terus melaju ke babak Perempat Final Bulutangkis beregu piala Sudirman 2017, di Gold Coast Center Austrlia. Salah satu pertandingan penentunya adalah ketika mereka mengalahkan team Indonesia dengan skor telak 4:1.

Bagaimana mungkin itu bisa terjadi?. Dimana selama ini secara team India belum pernah menang dari Indonesia sejak terakhir tahun 1989 atau 28 tahun yang lalu.

Beberapa hal yang perlu dicatat dari wawancara wartawan dengan pelatih India , Mulyo Handoyo bekas pelatih Nasional tunggal putra asal Indonesia itu. Selain memiliki bakat pemain bulutangkis, pemerintah India serius dalam membina atlit muda. Pembinaan berjenjang diterapkan, meskipun bakat yang ada tidak melimpah seperti di Indonesia, cara India untuk memoles pemain berbakatnya sangat tepat.

Dari segi Pendanaan, Mulyo mengakui bahwa India jauh dibawah negara asalnya. Dia menyebutkan negara tetangga Pakistan ini berkemauan keras untuk mau belajar dan ingin sejajar dengan Indonesia dan China.

Ditanya perbedaan melatih pemain India dan Indonesia, pria yang menyetujui kontrak untuk menukangi India sejak Desember 2016 lalu itu, menegaskan tidak ada perbedaan. Hanya pemain India memiliki ‘Kemauan Keras’ untuk disiplin dan bekerja lebih keras.

Ternyata Dana yang tidak besar, bakat pemain yang tidak banyak, bukan faktor penentu sebuah team bisa menang dan bisa mengalahkan team yang lebih hebat.

Namun lebih dari itu,  ‘Kemauan Keras’ untuk belajar dan menjadi lebih baik, merupakan faktor yang lebih menentukan dalam membangun sebuah team yang Hebat seperti India.

Sebuah kata bijak mengatakan, ” Every success begins with a strong desire”.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s